8/13/2016

Teori One Piece: Apakah Coby Bakal Menjadi Jenderal Angkatan Laut?



Dalam teori One Piece kali ini, kita akan membahas apakah Coby bakal menjadi Jenderal Angkatan Laut. Coby dulunya cuma karakter lemah yang muncul di Chapter 2, ketika ia menjadi cabin boy Bajak Laut Alvida. Namun, ia kemudian berhasil masuk ke Angkatan Laut. Bahkan mendapatkan latihan khusus bersama Helmeppo di bawah pengawasan Laksamana Madya Garp. Mungkinkah suatu saat nanti Coby mewujudkan cita-citanya sebagai Jenderal Angkatan Laut, yang dengan demikian akan memerangi bajak laut seperti Luffy si topi jerami?

Kemunculan pertama Coby terjadi di Chapter 2 One Piece 'They Call Him 'Straw Hat Luffy'/ Mereka Memanggilnya Luffy Si Topi Jerami'. Di chapter tersebut Coby terkesan sangat culun, tidak berani aneh-aneh, dan hidup dalam kungkungan Alvida. Pertemuannya secara tidak sengaja dengan Luffy Si Topi Jerami membuat Coby bisa mengatakan cita-cita terdalam dalam hidupnya, yaitu 'Aku ingin menjadi Jenderal Angkatan Laut dan membasmi semua orang jahat'.

Di kemudian hari, ketika bertemu kembali dengan Luffy, Coby sudah berubah jauh. Ia masuk ke Angkatan Laut dan berpangkat Sersan Mayor. Coby sempat bertarung dengan Luffy di Chapter 432, tetapi dikalahkan dengan mudah. Setelah membuka identitasnya yang tidak disangka-sangka Luffy, Coby sekali lagi menyatakan keinginannya menjadi jenderal angkatan laut. Luffy tidak meremehkan hal itu. Malahan, dia berkata "Kau ingin melawanku, kan? Jadi yang kau lakkan itu wajar. Saat kita bertemu lagi, masing-masing kita akan jadi lebih kuat dan lebih hebat".

Jika melihat sifat cengeng dan penakut Coby, rasanya mustahil dia menjadi Jenderal Angkatan Laut. Tapi kadang-kadang Coby bisa melakukan hal-hal yang di luar dugaan. Misalnya, saat dia menghalangi Admiral Akainu di Perang Puncak, dengan bertaruh nyawa. Berkat tindakan berani Coby itu, Perang Puncak berakhir tanpa bertambahnya korban lagi.

Luffy sendiri seperti menjadi tempat Eiichiro Oda untuk memberikan petunjuk tentang masa depan Coby. Di Chapter 433, Luffy berkaa, "Coby itu sangat tangguh dan aku yakin itu". Luffy memang kerap bertindak tolol, tetapi ia terlihat sangat cermat dalam menebak karakter seseorang. Hal ini dibuktikannya, misalnya, ketika ingin merekrut Zoro. Juga, ketika menerima Nico Robin sebagai kru di Bajak Laut Topi Jerami. Walaupun Zoro adalah pemburu bajak laut, dan Robin adalah sosok yang berperanan penting di Baroque Works, dengan tepat Luffy menilai keduanya sebagai 'orang baik'. Dan penilaian untuk Coby, harusnya sama tepatnya.

Untuk menjadi Jenderal Angkatan Laut, Coby masih memiliki jalan yang sangat jauh terbentang. Senior terkuatnya adalah Akainu, Kizaru, Fujitora, Ryokugyu, hingga sederetan laksamana madya. Selain itu ada Laksamana Madya Smoker yang tampaknya juga bakal menjadi orang penting di kemudian hari.

Tapi dalam sebuah manga, tokoh 'lemah' kemudian menjadi sangat kuatr di akhir cerita, bukan hal aneh. Kita lihat saja di Samura Deeper Kyo. Ada karakter Benitora alias Hidetada Tokugawa yang merupakan putra Ieyasu Tokugawa, penguasa Jepang saat itu. Sampai menjelang chapter terakhir pun, Benitora masih terlihat lemah, cengengesan, tidak serius, dan sangat kontras dengan sang ayah. Tapi nyatanya di bab terakhir komik tersebut, Benitora sudah menjadi kaisar; masih dengan karakteristiknya yang 'campur aduk'.

Jadi, Coby bisa saja menjadi Jenderal Angkatan Laut. Tapi hal itu tampaknya baru terjadi di chapter terakhir, setelah Luffy menemukan One Piece, berperang melawan Angkatan Laut, dan membebaskan dunia dari Tenryubito.

Load disqus comments

0 komentar